Membuat Program C++ Sederhana Untuk Pemula

12:25:00 2 Comments A+ a-

Bahasa pemrograman C++ adalah salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek, biasanya dipelajari sebelum belajar bahasa pemrograman yang lain. Mengapa lebih dulu dipelajari? Karena bahasa ini memuat banyak sekali dasar bahasa pemrograman yang linear dengan bahasa pemrograman yang lain. Jadi ketika sudah paham logika C++, biasanya lancar jaya untuk bahasa pemrograman yang lain. Ohya, tidak harus dari C++ sih, saya menulis ini karena materi pembelajaran SMK untuk awal masih menggunakan bahasa pemrograman C++. Sebelum membuat program C++ sederhana, coba lihat struktur dasar Pemrograman C++ pada gambar di bawah ini :


Yang pertama adalah #include ... yang merupakan library atau rujukan dari fungsi yang akan digunakan pada badan kelas utama misalnya include <iostream> digunakan untuk memanggil fungsi cin dan cout. Int main merupakan kelas utama yaitu kelas yang akan dieksekusi pertama kali saat program dijalankan. Selanjutnya badan kelas utama berisi fungsi-fungsi atau proses pada program tersebut. Int main bisa diganti dengan void main, atau float main, dan sebagainya, akan dibahas pada artikel selanjutnya. Setelah paham struktur dasar, mari kita mulai membuat program sederhana. Pertama, unduh terlebih dahulu Aplikasi Dev C++ yang merupakan salah satu tools untuk mengeksekusi bahasa pemrograman C++. Kedua, install aplikasi tersebut, dan buka. Ketiga, lakukan kegiatan di bawah ini (File > New > Source File):


Keempat, ketik program di bawah ini:


atau


Kelima, simpan dengan nama cout, kemudian lakukan eksekusi dengan cara:


Mengapa harus Compile and Run? Compile akan memproses kode program sampai dengan perintah terakhir, dan Run akan menjalankan kode program yang sudah dicompile. Apabila hanya Run, maka compiler hanya akan mengeksekusi kode program awal. Misal ketika pertama kita menulis cout << "Dicoba"; kemudian dicompile and run kemudian menuliskan kata kedua cout << "C++"; maka untuk perintah Run, yang akan tampil hanya Dicoba saja. Apabila menggunakan perintah Compile and Run, maka akan tampil Dicoba C++.
Setelah proses kelima, selanjutnya akan tampil hasil eksekusi seperti gambar di bawah ini:


Nah, itu tadi cara membuat program sederhana dalam bahasa pemrograman C++ untuk menampilkan kata DICOBA :) Selamat mencoba :)

2 comments

Write comments
Virmansyah
AUTHOR
19 September 2016 at 16:30 delete

wah dulu saya jago bu soal ini :D tapi sekarang kok lupa syntax2nya.....hhh

Reply
avatar